Teks Pembawa Acara Haflah/Hari Besar Islam

TEKS PEMBAWA ACARA
بسم الله الرحمن الرحيم
 السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Tiada yang menggembirakan hati kami kecuali ungkapan terima kasih kepada para hadirin yang telah berkenan hadir dan berkumpul pada malam yang berbahagia ini. maka tiada kata yang patut kami ucapkan kecuali ucapan selamat datang, selamat bertemu dan selamat berkumpul di halaman yang penuh barokah ini guna menghadiri dan menyaksikan pesta wisuda yang menggembirakan ini.
Semoga Allah menjadikan kunjungan ini sebagai kunjungan yang dipenuhi akan fadilah malam Isro' Mi'roj yang kita idam-idamkan. serta jadilah teladan bagi kunjungan-kunjungan yang lainya.
Para hadirin yang mulya kami tidak mampu menggambarkan perasaan gembira yang tak terhingga pada hati kami.
Syukur Alhamdulillah tetap kami haturkan atas segala nikmat dan pemberian yang tak terhingga ini.
Para hadirin yang dimulyakan oleh Allah malam ini adalah malam yang penuh dengan kegembiraan dengan sukacita yang ada pada hati kami.
Dan  sungguh kita telah menyaksikan wajah-wajah yang berbinar, air mata yang bercucuran dan harunya hati yang tak lain hanyalah karna kegembiraan yang tak terhingga. Semua itu adalah luapan perasaan dari para santri-santri yang telah lulus dalam menghatamkan Al-Qur'an 30 juz yang mereka arungi dengan penuh aral rintangan. selain itu banyak bapak-bapak yang meluapkan perasaan gembira mereka karna putra-putri mereka telah berhasil melalui ujian-ujian (Munaqosah). Yang ujian itu tidak semudah yang kita bayangkan, akan tetapi ujian tersebut dilalui dengan penuh kesabaran serta tawakkal kepada Allah atas hasil yang mereka terima, sehinga mereka memperoleh hasil yang maksimal.
Berbahagialah wahai adik-adikku yang berhasil, sungguh kalian telah mewujudkan apa yang telah diharapkan dan diidam-idamkan oleh orangtua kalian serta membuat hati mereka berbunga-bungaa. kalian wujudkan cita-cita kalian dengan bersungguh-sungguh dan giat belajar bukan hanya dengan berharap dan bersantai-santai. karna sesungguhnya sebuah usaha itu laksana sebuah pelita yang menerangi gelap gulitanya pejalanan hidup seseorang.
Para hadirin yang dimulyakn oleh Allah kami pada pertemuan yang berbahagia ini akan membacakan untaian-untaian acara yang akan berlangsung pada malam hari ini.
Adapun acara yang pertama adalah pembukaan, disusul acara yang kedua yaitu pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an, dilanjutkan dengan acara yang ketiga yaitu pembacaan sholawat nabi serta dan acara yang keempat yang merupakan acara inti yaitu prosesi wisuda. dilanjutkan acara yang kelima yaitu sambutan-sambutan. dan dilanjutkan acara yang keenam adalah istirahat. adapun Mauidoh hasanah berada pada acara nomor enam. acara pada malam hari ini tidak akan sempurna jika tidak disempurnakan dengan do'a yang berada pada urutan cara yang ketujuh.
Demikianlah acara-acara yang akan berlangsung pada malam hari ini dan semoga Allah memberikan kelancaran pada pelaksanaan acara yang berlangsung pada malam hari ini.
Para hadirin yang kami hormati sebelum acara ini kita mulai marilah kita buka dengan ummul Qur'an yang dengan adanya bacaan ummul qur'an tersebut Allah SWt melapangkan hati kita.
على هذه النية  وعلى كل نية  صالحة  والى حضرة النبي صلى الله عليه وسلم ألفاتحة
Acara yang kedua adalah pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang akan dibacakan oleh saudara ..................................... kepadanya kami persilahkan.
kepadanya kami ucapkan terima kasih
Para hadirin yang dimulyakan oleh Allah, acara yang ketiga adalah pembacan sholawat nabi yang akan dibawakan oleh .......................................... kepadanya kami persilahkan.
Demikianlah pembacaan sholawat nabi sholawat nabi dan semoga Allah mengelompokan kita pada golongan dari orang-orang yang cinta rosul dan dapat memberi syafa'at pada kita dengan kita dengan wasilah rosul pada hari kiamat nanti, Amiin.
Acara yang keempat adalah acara yang dinantikan oleh para hadirin yaitu prosesi wisuda. acara prosesi wisuda ini akan kami serahkan kepada beliau ........................... untuk  menyampaikan jalanya acara prosesi wisuda sampai akhir.
Para hadirin demikianlah acara prosesi wisuda yang semoga dengan acara tersebut dapat menambahkan semangat gigih para santri untuk menyongsong masa depan yng lebih cerah, Amiin.
Untuk acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan. Adapun sambutan yang pertama adalah sambutan dari wakil panitia yang akan diwakili oleh ................................. kepada beliau waktu dan tempat kami persilahkan.
Itulah tadi sambutan dari bapak wakil panitia yang telah kita kupas dan serap inti sarinya. semoga bermanfaat bagi kita.
Adapun sambutan yang kedua adalah sambutan sambutan wali santri yang akan disampaikan oleh bapak ................................... kepada beliau kami persilahkan.
Semoga saja apa yang disampaikan tadi bermanfaat bagi santri khususnya dan pada kita umumnya.
Dilanjutkan deengan sambutan yang ketiga yaitu sambutan atas nama santri wisuda yang akan disampaikan oleh adik kami yang tercinta ....................................... kepadanya kami persilahkan.
Penyampaian kata-kata yang disertai kerendahan hati dan toleransi oleh adik ...................................... kami ucapkan terima kasih.
Sambutan yang keempat adalah sambutan  atas nama kepala desa yang akan disampaikan oleh beliau bapak ............................ kepadanya waktu dan tempat kami persilahkan.
Demikianlah tadi sambutan dari bapak kpala desa yang telah disampaikan oleh bapak ............................ kepadanya kami ucapkan terima kasih.
Para hadirin yang berbahagia acara yang keenam adalah istirahat yang akan diisi oleh rekan-rekan kita dari .............................. dengan buah kreasi mereka yang tentunya menarik untuk kita tunggu, kepadanya kami persilahkan.
Para hadirin yangdimuliyakan oleh Allah acara demi acara telah kita lalui tanpa adanya aral suatu apapun. dan telah tiba saatnya kita pada intisari dari pada acra pada malam hari ini yakni Mauidhoh hasanah yang akan disampaikan oleh Romo KH. .......................... kepada beliau kami persilahkan.
Demikian tadi arahan-arahan serta petunjuk dari Romo KH ............................. semoga saja Allah SWT memberikan manfaat serta faidah bagi kita. dan semoga saja kita bisa mengamalkan petunjuk-petunjuk serta arahan tadi Amiiin. dan kepada beliau kami ucapkan terima kasih.
Para hadirin yang mulya tak lupa para adik-adik sekalian yang berbahagia. acra yng terakhir adalah do'as yang akan dipimpin oleh Romo KH..................... dan sebelum kita berpisah, saya selaku pembawa acra mulai awal hingga akhir apabila ada kesalahan baik yang saya sengaja ataupun yang tidak saya sengaja, baik berupa ucapan ataupun perbuatan saya mengharap luasnya samudra ma'af dan toleransi dari para hadirin sekalian.
Kepada Romo KH. ........................... kami persilahkan.
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Maaf ini sekedar contoh bagi antum berminat silahkan Share..Sukron ..
Ridlwan Tuban, 08 April 2011
0

Tambahkan komentar

Memuat